Entri Populer

Senin, 21 Maret 2011

Betawi Punya Cerite

1. G e b l e g


Abis sholat Ashar, Aldi disuruh beli spirtus sebotol sama Babenya, buat nyalain lampu petromak, di warung pak Haji Yahya. Waktu pulang lewat kebon yang bet dan banyak puun kecapi ama ninjonya. Lantas dia liat ada uler lolang nyelonong didepan biji matanya. Lantaran kaget ama selempang dicatek, ntuh uler lolang dia sambit ama botol yang dia cekel, dan kena, “Mampus elu!” Makinya.


Tapi dia baru engeh setelah spirtus yang dibotol udah tiris lantaran tumpah. “Buset! Spirtusnya tumpah semua. “Mampus gua! Pegimana gantinya? Bisa diteblag ama Babe kalo gini” Ia ngedumel sambil kememegan.



2. Kue Cincin


Di Rumah Sakit Jiwa, ada seorang pasien yang dikasih kue cincin, ampe tengari bolong belon juga dimakan, cuman diimpleng doang. Juru rawat yang ngeliat ntuh, lantas aja nyamperin si pasien. Takanu nanyain :


Juru Rawat : Kenapa kue cincinnya kaga dimakan? Kaga doyan apa?

Pasien : Bingung..

Juru Rawat : Lah, kok bingung? Tibang bakot aja.

Pasien : Iya, karuan kaga ada ujungnya, bulet gini kaya ban. Jadi bingung
Makannya, dari mana duluan?
Juru Rawat : ?!?!?!...



3. B e b e h

Waktu sarapan pagi di Rumah Sakit Jiwa, ada salah seorang pasien yang becicilan begitu diangserongin mie goreng. Ntuh mie kaga di coel-coel barang semetet, cuman diimpleng doang. Dari panas ampe udah enyeb, tetep aja kaga diuwik-uwik.

Juru Rawat yang liat ntuh, lantas aja nyamperin si pasien.

Juru Rawat : Kok, mie gorengnya kaga dimakan? Kaga doyan, apa udah Nyelab?

Pasien : Bebeh..

Juru Rawat : Loh, emangnya bebeh kenapa?

Pasien : Mienya pada kusut gitu.

Juru Rawat : Nggak usah dipikirin, makan aja.

Pasien : Aye jadi melas ngeliatnye.

Juru Rawat : Dasar sinting ( Dia ngedumel sambil ngacir).


4. Sig-Sigan

Segituan, Romli ama Jainal pergi ke Jakarta Fair (Pekan Raya Jakarta), maksudnya cumin pengen cari angina doang. Sebagai warga, pengen juga turut ngeramein acara taunan ntuh, kendati cuman ngeliat doang.

Udah dua jem ider-ideran, marinya mereka leleh juga, dan mao pulang lantaran udah malem. Begitu lewat di bagian informasi, mereka ngeliat didalam ada bocah yang lagi sig-sigan. Lantas aja mereka nanya kepengen tau.

Romli : Pak, kenapa tuh anak sig-sigan?


Petugas : Nih anak kepisah ama orang tuanya, makanya dia nangis.


Romli : Dia bukan kepisah ama Nyak-Babenya, tapi dia emang pergi
Sendirian.Romli ngoceh asal jeplak, sambil ngacir. Si bocah
Yang tadinya cuma sig-sigan, malah jadi gegauran)

Petugas : ?!?!?!....


5. Kena Batunya

Di Rumah Sakit Jiwa, ada seorang pasien yang suka bikin repot para juru rawat,lantaran sering jejeritan ama acir-aciran. Pagi ntuh, dia lagi asyik mancing di got pekarangan belakang. Si juru rawat yang ngeliat, lantas aja ngedeminin. Ketimbang dia bikin berabe,pikirnya.

Udah tengari bolong, ntuh si pasien masih aja ngejedog sambil ngedeprok didepan got. Lah, si juru rawat yang kebetulanlewat situ nyoba geroin.

Juru Rawat : Wah, enak ya mancing. Udah banyak dong dapet ikannya?

Pasien : Dasar dokter sinting. Di got nih mana ada ikannya? Yang ada juga
Kecu! (jawabnya sambil ngacir dengan dingkring)

Juru Rawat : Sial dangkalan, elu! (dia gerendeng).


6. Elu Kira Gue Musang!

Malem minggu Somad ngajak demenannya Romlah pergi ke bioskop nonton pelem koboi. Abis nonton, Somad ngajak makan di restoran.


Somad : Dua porsi ayam goring, lalab, sambal, sayur asem ama minum teh Manis.

Pelayan : Mao cobain pepes teri pake kemangi?

Somad : Nggak. (jawabnya singkat)

Sambil nungguin pesenan datang, mereka kongko soal pelem koboi yang tadi ditonton. Nggak lama kemudian pesanannya datang. Dan abis makan, Somad ngulapin pelayan buat bayar.

Somad : Berapa bang?

Pelayan : Semua lima puluh ribu
(lantaran di depan demenanya, Somad lantas aja bayar.
Kendati di Atinya ngedumel, mahal banget! Dan begitu Somad mao pulang,
Dadakan pelayanannya maranin dia).

Pelayan : Maap bang, ada salah itung. Aye kira abang makan dua ekor.
Kalo dua potong aja sih, semua Cuma dua puluh lima ribu.

Somad : (Sambil nerima kembaliannya, dia ngedumel)
Elu kira gue musang! Makan ampe dua ekor.


7. Belakang Puun, Yang Mana?

Segituan , lagi jam istirahat ampir mao abis, Si Malih yang abis makan gado-gado, sudah ada dikelasnya ama beberapa temen-temennya. Dan lantas aja mereka maen bade-badean, sambil nunggu guru masuk kelas.


Malih : Puun ntuh, belakangnya yang mana ayoo…?

Maman : Badean elu kaga manasaba aja. (katanya rada sewot)

Siti : Puun ntuh sama aja, kaga ada depan-belakangnya.
(dia coba ngejelasin)

Malih : Ada, ya ntuh, yang dikencingin. Coba aja. Sering kita denger
Orang ngomong kencing dibelakang puun, kaga ada yang
ngomong didepan puun.

Temen-temennya : ?!?!?!?!......


Keterangan :

1. Kemegan : Gemetar.
2. Teblag : Tabok.
3. Bet : Semak belukar/rumput liar.
4. Ninjo : Melinjo.
5. Lolang : Belang.
6. Cekel : Pegang.
7. Tengari : Tengah hari/siang bolong.
8. Impleng : Pandang.
9. Bakot : Gigit.
10. Bebeh : Pusing (Banyak pikiran).
11. Semetet : Sedikit.
12. Enyeb : Dingin
13. Uwik-uwik : Ganggu-ganggu.
14. Melas : Kasihan.
15. Sig-sigan : Tersendat-sendat (nangis).
16. Ider-ideran : Muetr-muter.
17. Gegauran : Meraung-raung (nangis kejer).
18. Acir-aciran : Lari-larian.
19. Ngedeminin : Membiarkan.
20. Ngejedog : Ada
21. Geroin : Panggil
22. Kecu : Jentik nyamuk.
23. Ngedeprok : Duduk bersila.
24. Ngacir : Pergi.
25. Dingkring : Jalan dengan kaki satu.
26. Gerendeng : Gerutu.
27. Kongko : Ngobrol.
28. Ngulapin : Manggil dengan isyarat tangan.
29. Bade-badean : Tebak-tebakan.
30. Manasaba : Yang enggak-enggak aja.
31. Sewot : Kesel.
32. Nyelab : Kenyang.


Barangkali saudaraku ada yang berminat bagaimana berikhtiar sambil menebar sedekah yang tak terputus, walau cuma sekali melaksanakannya? Inilah jalannya, silahkan klik saja dulu untuk dipelajari secara seksama :

http://www.income-syariah.com/?id=Prie

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar